Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ads 468x60px

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Senin, 10 Februari 2014

Jenis Beras Dan Kelebihannya

Tentu ibu tau sudah banyak varian beras yang beredar di pasaran saat ini. Namun apakah ibu tau, kandungan apa saja yang ada di masing masing beras tersebut? Nah berikut ini kita bahas yuk jenis kandungan beras berdasarkan warna.
  • Beras putih, berwarna seperti transparan dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Jenis beras inilah yang sering kita makan dan merupakan komoditi beras yang paling banyak ditemui di pasaran. Beras putih yang banyak ditemui seperti pandan wangi,rojolele,IR 42 ,setra ramos dan lai lain. Yang membedakan beras satu dan lainnya adalah kandungan amilosa dan amilopektinnya. Amilosa adalah zat pati dalam beras yang membuat beras tersebut menjadi pera,maka beras dengan kandungan amilosa tinggi pasti hasil nasinya keras dan kering,maka nasinya akan pera. Sedangkan nasi dengan kandungan amilopektin yang tinggi akan menghasilkan nasi yang pulen karna kadar amilosanya pasti rendah. Nasi jenis ini disukai oleh orang jepang dan china. Sedangkan untuk nasi dengan kadar amilosa sedang disukai oleh banyak masyarakat indonesia dan Filipina.
  • Beras merah, beras ini menjadi berwarna merah gelap karena memiliki aleuron yang mengandung gen penghasil warna merah atau ungu.
  • Beras hitam, yaitu beras yang sangat langka, karna beras ini memiliki intensitas gen penghasil warna yang  tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
Beras Ketan, bentuknya seperti beras berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin. Sedangkan ketan hitam, merupakan variasi ketan dari beras hitam.

0 komentar:

Posting Komentar